5 Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

26 June 2015

Setelah seharian berpuasa, tubuh harus segera mendapatkan asupan energi agar cepat mendapatkan tenaga kembali. Saat buka puasa, konsumsi karbohidrat sederhana atau gula disarankan karena bisa menaikkan gula darah lebih cepat dan cenderung bersahabat bagi lambung. Namun konsumsinya juga perlu dibatasi karena jika terlalu berlebihan, justru lemas dan perut tidak nyaman yang dirasakan kemudian. Makanan atau minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat buka puasa? Ini tipsnya dari para pakar diet.


1 Buah


Pakar gizi Profesor Hardinsyah, MS, mengatakan, buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Kurma, pepaya, dan pisang menjadi pilihan yang baik karena memiliki tekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh usus.




2. Kolak

Jika tidak ada buah, Anda bisa menggantinya dengan kolak. Pada umumnya kolak berisi labu, ubi, pisang, dan kolang-kaling. Pilih kolak dengan isi yang lembut dan tidak keras supaya mudah dicerna. Tidak perlu khawatir dengan kandungan santan yang terdapat dalam kolak, karena menurut Hardinsyah, santan yang tercampur dalam kolak biasanya encer sehingga cenderung aman di lambung.

3. Air Kelapa Murni


Menurut praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, air kelapa murni minuman yang ideal untuk berbuka puasa. Air kelapa kaya akan elektrolit yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Dengan begitu, tubuh tidak menjadi lemas. Perlu diingat, air kelapa sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lain seperti es, santan atau gula yang berlebihan. Lebih baik meminum air kelapa yang belum dicampur bahan apa pun atau air kelapa kemasan.



4. Minuman Hangat

Selain air kelapa, disarankan juga meminum sesuatu yang hangat misalnya teh manis hangat. Minuman dingin bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa. Selain itu air atau makanan yang terlalu dingin bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh.

5. Melon

Bagi penderita maag, dr. Phaidon menyarankan untuk berbuka puasa dengan minum jus melon. Setelah itu, bisa mengonsumsi kurma atau buah segar karena mengandung gula alami yang aman bagi tubuh. "Untuk yang sakit maag, jus melon bisa bantu pemulihan luka," ujarnya.


Infogestun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa...



Penasaran apa itu gestun? klik disini
untuk informasi gestun/ gesek tunai/ dana talang silahkan menghubungi kami... klik disini


sumber:
http://wolipop.detik.com/

Informasi tempat-tempat yang melayani jasa Gesek/Tarik Tunai dan
Dana Talangan Pelunasan Kartu Kredit Anda.

TERSEDIA 450+ TEMPAT GESTUN DI INDONESIA :

di berbagai kota di Indonesia :
Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja, Semarang, Malang, Tegal, Salatiga, Solo, Makassar, Palu, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Batam, Bengkulu, Palembang, Jambi, Lampung, Lumajang, Mataram, Mojokerto, Pekanbaru, Sidoarjo, Sumedang, Sukabumi, Tasikmalaya, Cikampek, Purwakarta, Cikarang, Manado, Dll.

250+ TEMPAT GESTUN DI JAKARTA
DAN SEKITARNYA :
Ambassador Mall,
Benhil Raya, Bintaro, Blok M,
Casablanca, Cempaka Mas, Cengkareng, Cibubur, Cideng, Ciganjur, Cijantung, Cikini, Cilandak, Ciledug, Cililitan, Cinere, Citraland,
Daan Mogot, Duri Kepa, Duri Kosambi, 
Fatmawati,
Gajah Mada Plaza, Gatot Subroto, Glodok, Grogol,
Jagakarsa, Jatinegara, Jelambar, Kalideres, 
Kampung Melayu, Kebayoran Lama, Kelapa Gading, Kemanggisan, Kemayoran, Kota, Kuningan, Latumeten, Lebakbulus, Lenteng Agung,
Mangga Besar/Lokasari, Mangga Dua, Mega Kuningan, Menteng, Meruya, Muara Karang,
Otista,
Pancoran, Pasar Minggu, Permata Hijau, Pesanggrahan, Pluit, Pondok Labu, Pulogadung, Puri Indah/Kembangan,
Radio Dalam, Ragunan, Rasuna Said, Rawa Buaya, Rawamangun, Roxy,
Season City Mall, Semanan, Semanggi Plasa, Slipi Jaya, Srengseng, Sudirman,
Taman Anggrek, Taman Mini, Taman Palem, Tanah Abang, Tanjung Duren, Thamrin, Tebet,
Jakarta Lainnya 
Tangerang
Depok
Bogor

Bekasi

No comments:

Post a Comment

Whatsapp